RENCANA PELAKASANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD 01 Sleman________________________________
Kelas / Semester :
VI (Enam) / 2
Tema 6 : Menuju
Masyarakat Sehat
Sub Tema 1 : Lingkungan
Sehat Masyarakat Sehat
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, Peduli, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai
sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi
makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
2.1 Memiliki
kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan
lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Mengumpulkan
informasi penting dari teks laporan investigsi tentang campuran dan larutan
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk
hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menulis teks
laporan investigasi tentang campuran dan larutan
IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; Kerja sama; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
3.4.1 Membedakan
campuran dan larutan berdasarkan pengamatan
4.1 Merancang dan
melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan
yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Melaporkan
secara tertulis hasil percobaan tentang campuran dan larutan
IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia
untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
1.3 Menghargai
karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusi dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup
sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di
masyarakat
3.5 Menelaah
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
3.5.1 Menjelaskan
pengaruh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
4.5 Menyajikan
hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media
(lisan, tulisan, gambar, oto, dan lainnya)
4.5.1 Mengomunikasikan
pengarunh Menuju Masyarakat Sehat terhadap berbagai aspek dalam kehidupan
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡
Setelah membaca
teks, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung
Melati untuk hidup sehat dengan benar.
¡
Setelah
berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung
Sehat Melati untuk hidup sehat dengan menunjukkan sikap peduli.
¡
Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu membedakan campuran dan larutan
berdasarkan pengamatan dengan menunjukkan sikap peduli.
¡
Setelah
melakukan percobaan dan berdiskusi, siswa mampu membuat laporan secara tertulis
untuk hasil percobaan tentang campuran dan larutan dengan benar.
¡
Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu menulis laporan percobaan dengan menggunakan
kalimat efektif dan kata baku
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡
Eksplorasi untuk membedakan
campuran dan larutan

¡
Menulis teks
laporan investigasi berdasarkan pengamatan.
¡
Menelaah
interaksi manusia dan lingkungan terkait kesehatan masyarakat
F. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ” Menuju Masyarakat Sehat”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan
yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan
dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
|
Inti
|
¡ Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap
kelompok terdiri dari 5 siswa.
¡ Siswa mengamati gambar yang ada di
buku siswa. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan masyarakat di ‘Kampung
Sehat Melati’.
(Mengamati)
¡ Mintalah siswa untuk mengamati gambar
dengan saksama.
¡ Siswa mendiskusikan hal tersebut
dengan kelompoknya. (Mengekplorasi)
¡ Guru meminta satu kelompok untuk
mempresen-tasikan hasil diskusinya di depan kelas. (Mengekplorasi)
¡ Siswa lain bisa bertanya, memberikan
pendapat atau sanggahan dari presentasi temannya. (Mengasosiasi)
¡ Siswa membaca teks dengan membaca
teks dalam hati. Waktu untuk membaca teks adalah 5 menit. (Mengamati)
¡ Setelah membaca teks, setiap siswa
membuat 2 pertanyaan tentang teks yang dibacanya. (Menanya)
¡ Dalam kelompok, siswa mendiskusikan
pertanyaan yang dibuat.
¡ Hasil diskusinya ditulis pada
kalender bekas. (Mengasosiasi)
¡ Setiap perwakilan kelompok
berkeliling ke kelompok lain untuk melihat hasil.
¡ Perpindahan ditandai dengan aba-aba tepuk
tangan 3 kali dari guru.
¡ Siswa secara individu mengisi grafik
organizer tentang “Kegiatan Masyarakat di Kampung Sehat Melati” yang ada di
buku siswa.
¡ Siswa menulis kesimpulan tentang
kaitan antara kegiatan PHBS yang dilakukan masyarakat dengan kesehatan
masyarakat. (Mengasosiasi)
¡ Siswa memberikan contoh kegiatan PHBS
yang dilakukan di lingkungan masyarakat mereka.
¡ Siswa menyampaikan hasilnya secara
berpasangan.
(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa mengamati kembali gambar
kegiatan warga di Kampung Sehat Melati. (Mengamati)
¡ Siswa menjawab pertanyaan yang ada di
buku siswa.
(Menanya)
¡ Guru meminta beberapa siswa untuk
menyampaikan pendapatnya di depan kelas
¡ Guru memberikan penguatan.
¡ Siswa menjawab pertanyaan di buku
siswa.
¡ Siswa mengamati gambar proses pembuatan oralit.
¡ Siswa dibagi dalam kelompok, setiap
kelompok terdiri dari 3 siswa.
¡ Setiap kelompok mempraktikkan proses
pembuatan oralit. (Mengekplorasi)
¡ Setelah melakukan percobaan, siswa
mendiskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok.
¡ Setiap kelompok menyampaikan hasil
diskusinya di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
¡ Guru memberikan penguatan.
¡ Siswa menulis laporan berdasarkan
hasil percobaan (Mengekplorasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan
dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan
salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku
Siswa Tema : ”Menuju Masyarakat Sehat ” Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gelas
¡ Garam
¡ Air
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: tanggung jawab,
Kerja sama, dan Peduli.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda
dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
||
|
Percaya Diri
|
Teliti
|
Disiplin
|
||
|
1
|
Sultan
Haykal
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
Anindya
|
|
|
|
|
3
|
…..
|
|
|
|
Keterangan: 1: Kurang 2
: Cukup 3 : Baik 4 : baik sekali
b. Penilaian
pengetahuan dan keterampilan muatan mapel
1) Pengetahuan
1.
Apa saja perilaku hidup sehat yang
ditunjukkan oleh masyarakat di Kampung
Sehat Melati?
2.
Apa kegiatan yang dilakukan oleh warga
Kampung Sehat Melati sebulan sekali?
3.
Apa kaitan antara pengelolaan sampah dengan
kesehatan masyarakat?
4.
Apa yang kamu rasakan ketika hasil
kerja kerasmu dihargai orang lain? Bagaimana cara kamu menunjukkan penghargaan
kepada orang lain? Larutan apa saja yang kamu gunakan dalam kehidupan
sehari-hari? Apa manfaatnya bagimu dan orang lain?
2) Keterampilan
3. Penilaian
1. IPA dan
Bahasa Indonesia: membuat laporan
|
Kreteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
|
Lankah-langkah
|
Menjelaskan langkah-langkah percobaan dengan lengkap,
runtut, dan benar
|
Menjelaskan langkah-langkah percobaan dengan lengkap
namun kurang runtut
|
Menjelaskan langkah-langkah percobaan dengan runtut
namun ada beberapa bagian yang tidak lengkap
|
Menjelaskan
langkah-langkah
percobaan
dengan tidak
runtut dan
tidak lengkap
|
|
Perubahan dan
penyebabnya
|
Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dan
penyebabnya dengan benar dan terperinci
|
Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dan
penyebabnya dengan benar, namun kurang rinci
|
Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan
dengan benar dan rinci namun tidak menjelaskan alasannya dengan tepat
|
Menjelaskan perubahan yang terjadi pada percobaan dan
penyebabnya dengan kurang tepat dan tidak terperinci
|
|
Kesimpulan
|
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan benar dan
terperinci
|
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan benar
namun kurang terperinci
|
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan kurang
tepat
|
Menuliskan kesimpulan hasil percobaan dengan tidak
tepat
|
|
Kata baku
|
Semua tulisan ditulis dengan kata baku
|
75% tulisan ditulis dengan kata baku
|
50% tulisan ditulis dengan
kata baku
|
25% tulisan ditulis dengan kata baku
|
|
Tanda baca
|
Semua tulisan menggunakan tanda baca yang benar (titik,
koma, huruf besar, seru, tanya)
|
75% tulisan menggunakan tanda baca yang benar
|
50% tulisan menggunakan
tanda baca
yang benar
|
25% tulisan menggunakan tanda baca yang benar
|
|
Kalimat efektif
|
Semua tulisan ditulis dengan kalimat efektif
|
75% tulisan ditulis dengan kalimat efektif
|
50% tulisan ditulis dengan
kalimat efektif
|
25% tulisan ditulis dengan kalimat efektif
|
2. Rubrik
diskusi
|
Kreteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
|
Mendengarkan
|
Mendengarkan teman yang sedang berbicara
|
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu
diingatkan
|
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara
P
|
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang
berbicara namun tidak mengindahkan
|
|
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh,
postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan
tepat
|
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman
P
|
Sering merespon kurang tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman
|
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung
dan memimpin lainnya saat diskusi
|
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai
dengan topik
|
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang
merespon kurang sesuai dengan topik
|
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung
P
|
3. Penilaian
sikap (peduli)
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas VI
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar